Pencarian  
UNBK tanggal 22,23,24,25 April 2019

 

el
Pagelaran 2018/2019
Oleh : Hary Susanto - Selasa, 22 Januari 2019
Senin, 10 Desember 2018 yang lalu terbentuklah kepanitiaan Ujian Praktik Seni Budaya Kelas IX yang diketuai oleh Bapak Hary Susanto, S.Kom.  Hasil rapat menunjukkan sebanyak 24 guru dan karyawan yang terlibat dalam kepanitiaan tersebut. Ujian Praktik Seni Budaya ini digelar selama tiga hari, yakni sejak tanggal 14 s.d. 16 Januari 2019 dan bertempat di lapangan SMP Negeri 4 Kebumen. 
Selanjutnya, seluruh siswa kelas IX mendapatkan pelatihan seni musik dan seni tari yang akan diujikan oleh Bapak Nur Indrawan, S.Pd. (Seni Musik) dan Ibu Sri Rining Fatmalinggawati, M.Pd. (Seni Tari) selama beberapa hari secara bergantian. Materi seni musik yang diujikan meliputi: Ansambel Musik, Paduan Suara, dan Nyanyi Duet. Sedangkan seni tari yang diujikan yaitu Tari Tradisional. Tidak hanya itu, untuk menyempurnakan pementasan seni tari, seluruh siswa kelas IX dibekali dengan pelatihan tata rias oleh Ibu Sri Rining Fatmalinggawati, M.Pd selama tiga hari. Pelatihan tata rias tersebut dilakukan secara bertahap mulai dari cara penggunaan foundation, pembentukan alis, perbedaan rias perempuan dan laki-laki, hingga pada cara penggunaan konde yang benar. Latihan terakhir sebelum penilaian tiba adalah gladi bersih. Seluruh peserta Ujian Praktik Seni Budaya ini diberikan kesempatan untuk tampil di atas panggung secara langsung. Hal ini bertujuan agar mereka dapat memantapkan dan menyesuaikan bloking pementasan sesuai dengan kondisi panggung.
Hari perdana pelaksanaan Ujian Praktik Seni Budaya Kelas IX berlangsung dengan lancar dan mengesankan. Acara tersebut diawali dengan gebrakan Tari Kuda Lumping dari kelas IX H dan opening (Menyanyikan Lagu Daerah Nusantara dan fashion show) dari perwakilan kelas IX. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua I, Bapak Hary Susanto, S.Kom, pada sambutan kali ini Bapak Hary juga menyumbangkan sebuah lagu pembuka berjudul "menunggu kamu", dilanjutkan sambutan Kepala Sekolah, Ibu Dra. Hendriyati Trikorwati, M.Pd. sekaligus membuka acara Ujian Praktik Seni Budaya Kelas IX. Gebrakan selanjutnya datang dari kelas IX A dengan sebuah suguhan tari yang berasal dari Semarang, yaitu Tari Warak Dugder. Tarian yang luwes, rancak, dan kompak membuat penonton terpukau. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan dari anggota komite sekolah, Bapak H. Abdul Rais. Sebelum masuk ke acara inti, penonton dimanjakan dengan performance dari Faizatun dan Natali (IX A) yang membawakan lagu Perfect. Pada acara inti, para peserta Ujian Praktik Seni Budaya tampil dengan maksimal dan percaya diri. Adapun penampilan yang dimaksud antara lain: Padus (IX A), Tari Saman (IX E), Tari Mayong (IX D), Ansambel Musik (IX A), Ansambel Musik (IX B), Tari Bajidor Kahot (IX A), Tari Kidang (IX E), Padus (IX B), Tari Kuda Lumping (IX B), Tari Genjring (IX B), Tari Cepetan (IX C), Tari Nandak Ganjen (IX G), Temon Holic (IX B), Tari Lancang Kuning (IX F), Tari Sekadau Hilir (IX G), Padus (IX D), Padus (IX C), Tari Denok (IX C), Tari Tenteng Koren (IX D), Nyanyi Duet (IX C), Tari Lolobah (IX F), dan Tari Badinding (IX H). Tidak hanya itu, dengan dikoordinatori oleh Ibu Dian Yunita, S.Pd. dan Bapak Muchlasin, S.Pd.Ek. siswa-siswi kelas VII dan VIII pun unjuk gigi dalam berseni musik dan tari. Acara tersebut berakhir sekitar pukul 12.30 dengan dipimpin doa oleh Bapak Anis Fajar Rochman, S.Pd.
Di hari kedua ini ada sebanyak dua puluh sembilan penampilan yang diujikan. Adapun penampilan yang dimaksud, yaitu: Tari Kuda Lumping (IX E), Ansambel Musik (IX C), Ansambel Musik (IX D), Tari Cepetan (IX D), Tari Oglek (IX F), Padus (IX E), Padus (IX F), Tari Geol Denok (IX G), Tari Bambu Gila (IX C), Nyanyi Duet (IX B), Nyanyi Duet (IX C), Tari Mayong (IX H), Tari Nyai Kembang (IX A), Ansambel Musik (IX F), Ansambel Musik (IX E), Tari Lolobah (IX B), Tari Glipang (IX C), Nyanyi Duet (IX F), Ansambel Musik (IX G), Tari Sajojo (IX D), Tari Incling Jangget (IX E), Padus (IX G), Nyanyi Duet (IX H), Tari Nirmala (IX F), Tari Cune Lipa (IX G), Temon Holic (IX D), Nyanyi Solo (IX G), Tari Pelangi (IX H), dan Tari Pongan (IX B). 
Di hari ketiga ada sebanyak dua puluh penampilan yang diujikan. Adapun penampilan yang dimaksud, yaitu: Tari Kuda Lumping (IX D), Tari Robyong (IX C), Ansambel Musik (IX H), Nyanyi Duet (IX G), Tari Ronteg (IX B), Tari Nyai Kembang (IX G), Tari Bajidor Kahot (IX F), Padus (IX H), Tari Merak (IX A), Tari Bambu Gila (IX E), Tari Lolobah (IX H), Nyanyi solo (IX D), Tari Bagurau (IX B), Tari Jaranan (IX C), Tari Glipang (IX F), Temon Holic (IX H), Tari Pongan (IX A), Tari Remo (IX G), Tari Puspanjali (IX H), dan Tari Gelang Room (IX D). Di acara terakhir ini diwarnai dengan sambutan dari pengawas, Bapak Mahfud, S.Pd. sekaligus menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “Keagungan Tuhan”. Dalam sambutannya yang singkat, beliau menegaskan bahwa Ujian Praktik digunakan sebagai wadah peserta didik untuk mengimplementasikan pembelajaran di kelas. 

Cetak | Kembali


Copyright© 2014 - 2019 by SMP Negeri 4 Kebumen
Jalan Kejayan No 34 Kebumen (0287) 381221 Kebumen 54313
E-mail : smpn4kebumen@gmail.com