Visi, Misi, dan Tujuan
1. Visi
Visi SMP Negeri 4 Kebumen adalah Berakhlak Mulia, Cerdas, Kompetitif, dan berwawasan lingkungan
Indikator visi adalah sebagai berikut:
a. Nilai profil pelajar Pancasila terintegrasi dalam perancanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian untuk semua mata pelajaran. (Berakhlak Mulia)
b. Peserta didik yang memiliki karakter keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. (Berakhlak Mulia)
c. Peserta didik memiliki sikap religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. (Berakhlak Mulia)
d. Warga sekolah yang literat (cerdas)
e. Peserta didik memiliki kemampuan akademik dan nonakademik berbasis kecerdasan intelektual, emosional, dan kinestetik. (cerdas)
f. Peserta didik memiliki kemampuan akademik dan nonakademik dengan menerapkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. (cerdas)
g. Pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik dengan berbagai model pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, kreatif, variatif, berpikir kritis, komunikatif, dan kolaboratif (cerdas)
h. Peserta didik memiliki kecakapan hidup secara integratif pada pembelajaran (cerdas)
i. Peserta didik memiliki keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); dan HOTS (Higher Order Thinking Skill).
j. Peserta didik meraih prestasi akademik dan nonakademik ditingkat kabupaten atau yang lebih tinggi (kompetitif)
k. Lingkungan sekolah yang bersih, asri, indah, sehat, sejuk, rindang, aman, dan nyaman (berwawasan lingkungan)
l. Manajemen sekolah yang transparan dan akuntabel.
m. Layanan teknologi informasi yang bisa diakses oleh masyarakat.
2. Misi Sekolah
Misi SMP Negeri 4 Kebumen adalah sebagai berikut.
a. Mengintegrasikan nilai profil pelajar pancasila dalam perancanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian untuk semua mata pelajaran. (Berakhlak Mulia)
b. Mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. (Berakhlak Mulia)
c. Mewujudkan peserta didik yang memiliki sikap religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. (Berakhlak Mulia)
d. Menciptakan pembiasaan literasi sehingga terbentuk warga sekolah yang literat (cerdas)
e. Mengembangkan kemampuan akademik dan nonakademik berbasis kecerdasan intelektual, emosional, dan kinestetik. (cerdas)
f. Mengembangkan kemampuan akademik dan nonakademik dengan menerapkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. (cerdas)
g. Pembelajaran yang mampu mengaktifkan peserta didik dengan berbagai model pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, kreatif, variatif, berpikir kritis, komunikatif, dan kolaboratif (cerdas)
h. Membekali peserta didik dengan kecakapan hidup secara integratif pada pembelajaran (cerdas)
i. Membekali peserta didik dengan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); dan HOTS (Higher Order Thinking Skill).
j. Meningkatan prestasi akademik dan non akademik ditingkat kabupaten atau yang lebih tinggi (kompetitif)
k. Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, asri, indah, sehat, sejuk, rindang, aman, dan nyaman (berwawasan lingkungan)
l. Mewujudkan manajemen sekolah yang transparan dan akuntabel.
m. Mewujudkan layanan teknologi informasi yang bisa diakses oleh masyarakat.
3. Tujuan Sekolah
Berdasarkan tujuan pendidikan dasar, visi, dan misi sekolah maka tujuan SMP Negeri 4 Kebumen adalah sebagai berikut :
a. Terintegrasikannya nilai profil pelajar pancasila dalam perancanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian untuk semua mata pelajaran. (Berakhlak Mulia)
b. Terwujudnya peserta didik yang memiliki karakter keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. (Berakhlak Mulia)
c. Terwujudnya peserta didik yang memiliki sikap religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. (Berakhlak Mulia)
d. Terciptanya pembiasaan literasi sehingga terbentuk warga sekolah yang literat (cerdas)
e. Tercapainya kemampuan akademik dan nonakademik berbasis kecerdasan intelektual, emosional, dan kinestetik. (cerdas)
f. Tercapainya kemampuan akademik dan nonakademik dengan menerapkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. (cerdas)
g. Terwujdunya pembelajaran yang mampu mengaktifkan peserta didik dengan berbagai model pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, kreatif, variatif, berpikir kritis, komunikatif, dan kolaboratif (cerdas)
h. Terbekalinya peserta didik dengan kecakapan hidup secara integratif pada pembelajaran (cerdas)
i. Terbekalinya peserta didik dengan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); dan HOTS (Higher Order Thinking Skill).
j. Terwujudnya prestasi akademik dan non akademik ditingkat kabupaten atau yang lebih tinggi (kompetitif)
k. Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, asri, indah, sehat, sejuk, rindang, aman, dan nyaman (berwawasan lingkungan)
l. Terwujudnya manajemen sekolah yang transparan dan akuntabel.
m. Terwujudnya layanan teknologi informasi yang bisa diakses oleh masyarakat.